Bos dan Anak Buah

bayu, fredol, zee, jenkna, irsa

ki-ka:bayu, fredol, zee, jenkna, irsa

Tebak diantara kami manakah yang paling kaya raya dan siapakah yang berhak jadi bos?
Bayu : Staf pengajar
Fredol : Semacam Medrep
Zee: Young Analist di HRD PLN Pusat (kayaknya)
jenkna: jurnalis
irsa: mahasiswa biasa
ini memang tebakan yang mudah. bosnya adalah zee. anak buahnya ya empat yang lain. zee pula yang menentukan tempat-tempat yang harus dikunjungi, first acara Marching di FISIP, 2nd kopi joss, ketiga Nella house dan terakhir Fredol boarding house. Anak buah yang membangkang adalah gw dan irsa, hanya mau ke kopi joss dan rumah Nella. meski aku termasuk sosok yang asertif tapi tak semua keinginan zee harus dituruti.
Iklan
keping kebahagiaan

keping kebahagiaan

 benarkah coklat bisa membuatku lebih baik? God, I need it!

rasanya mempunyai seorang teman yang tak bisa mendapatkan kebahagiaanya, aku juga lebur. aku memohon padanya agar berjuang tapi aku seperti berjuang sendiri tanpa harapan. dia bagai batu. sahabatku seperti benda mati. dia tak bergerak, tak berusaha. bahkan mimpi yang diucapkannya berkali-kali tak pernah ada. rasanya aku ingin marah tapi tak pantas jika menyalahkannya. ingin memberinya harapan, tapi harapan itu memang sudah tutup. kenyataannya begitu!
delapan tahun aku membersamainya. tak banyak mendikte, membiarkannya agar tidak terlalu tegang menghadapi hari. aku memnag bukan sahabat yang baik, tak mampu keras terhadapnya. hanya karena malas menuai konflik. padahal itu justru membuatnya hancur dengan perlahan akibat terlalu di biarkan mengalir tanpa tujuan.
sepelekah ini? temanku gagal diwisuda? dengan berbagai alasan yang tak dapat aku menolongnya? ini menyakitkan buat aku sungguh! coklaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat aku ingin menelannya. melumatnya seperti aku melumat ketidakberdayaanku.

Sarang Semut

Sarang Semut Obat Herbal Anti Kanker

sarang semut

sarang semut

 Khasanah kekayaan tanaman obat di Indonesia kini bertambah dengan hadirnya sarang semut. Sarang semut sebenarnya bagian dari tanaman benalu bernama ilmiah myrmecodia sp. Bentuknya mirip umbi, di bawah batang tanaman yang menggelembung. Di dalam gelembung itulah tiga jenis semut irydomyrmex menghuni. Jadi bukan sembarang semut yang biasa ditemui di beberapa ranting pohon seperti pohon mangga.

 “Semut nyaman berada di sana karena tanaman inang memproduksi gula yang berfungsi sebagai sumber pakan,” terang Maryoso Apt, pemilik Natura Shifa yang berada di Jalan Lesanpura, Karangklesem, Purwokerto.

Dikatakan Maryoso, zat-zat yang dikandung sarang semut diduga sebagai anti oksidan serta mengandung vitamin dan mineral. Anti oksidan yang berperan melawan radikal bebas pemicu tumbuhnya sel kanker.

 “Perempuan cenderung berisiko mengalami kanker yang berhubungan dengan reproduksi dibanding pria, seperti kanker rahim, miom, tumor, kanker payudara dan sebagainya belum lagi mengalami masalah keputihan. Hal itu bisa diatasi dengan rutin mengkonsumsi sarang semut,” ujarnya.

 Maryoso menambahkan, tanaman yang banyak terdapat di wilayah Papua (Wamena), Sulawesi, dan Kalimantan ini bisa dikonsumsi dengan cara direbus atau sudah dalam bentuk serbuk yang sudah dikemas menjadi kapsul. Namun, jika ragu akan keaslian kapsul yang benar-benar berisi sarang semut, konsumen lebih baik meminum air rebusan sarang semut saja. “Sarang semut bila dihancurkan memang seperti serbuk gergaji, jadi harus hati-hati,” ujarnya.

 Cara membuat ramuan sarang semut cukup mudah. Sarang semut biasanya dijual kering dalam bentuk bulatan pipih. Ambil separo bagian, lalu rebus dengan tiga gelas air menjadi satu setengah gelas. Kemudian diminum tiap pagi dan sore. Maryoso mengatakan, dalam waktu sebulan akan mulai terlihat perubahannya.

 Selain bagus untuk mengatasi kanker. Sarang semut juga terkenal ampuh mengobati penyakit jantung. Khasiat sarang semut mengatasi penyakit jantung bocor diduga akibat kandungan sarang semut yang kaya mineral. Kalsium dan natrium yang dimiliki sarang semut juga berperan memperbaki kerja jantung sedangkan kaliumnya berperan mengatur ritme jantung.

 Dengan banyaknya manfaat yang dikandung, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) juga tertarik untuk meneliti zat-zat yang terkandung. “Saat ini memang tengah diteliti LIPI,” katanya. (jenkna dari berbagai sumber)

 

Return of The Condor Heroes

Siapa yang merubah hatiku

Siapa yang membuat kita satu

Selalu menyatu beban kecewa namun tak ragukan berakhir……

😦

so sweet

HMMMfff, pilih mana, louis koo-charman lee, andy lau-idy chan atau huang xiao ming-liu yi fie

kelas satu SMP, umur 12 tahun, aku disodori serial drama mandarin yang gak bakal aku lupa seumur hidup. puber pertama kali. jadi langsung jatuh cinta sama serialnya. apa yang menarik dari drama “cengeng” ini? padahal, dari sinematografi saja (versi andy lau-idy chan) katro banget. banyak adegan-adengan yang gak natural disana-sini. tapi kenapa ya aku suka banget. bahkan disindir agak gila oleh teman-teman, ya menggilai. ayo ditulis gede2 MENGGILAI

louis koo with charman lee

louis koo with charman lee

rehi81andy lau with idy chan
huang xiao ming with crystal liu yi fei

huang xiao ming with crystal liu yi fei

 

hatiku benar-benar diipenuhi yang guo dan xiao long nu, atau kalau disulih suarakan menjadi yoko dan bibi lung. tentunya  Sin Tiauw Hiap Lu (shén diāo xiá lu) versi 1984, yang terbaik (di mataku).

mungkin karena aku baru menjelang remaja, rasanya ingin keluar dari belenggu. seperti  yoko dan bibi lung yang menepis anggapan masyarakat bahwa guru dan murid tidak bisa menjadi sepasang kekasih. mereka benar-benar mendobrak adat. yeah, aku tahu ceritanya terlalu melangit, berharap berdua selamanya sampai seribu tahun, tak mau melihat pasangan kekasih mati lebih dulu, maunya sama-sama berkorban, ugh gak real banget. tapi begitulah remaja, menyukai hal yang menggebu-gebu.

 I could not forget about Yang Guo and  Xiao Long Nu maybe for a decade. It haunted me with their romance and their chemistry in performing kungfu. What a lovely couple! The story so far is so good as well. About the orphan and his beloved teacher. In my opinion, the best adaptation of this part is TVB version (1984) with Andy Lau and Idy Chan; and CCTV version (2006) with Huang Xiao Ming and Liu Yi Fei

tulis sebuah blog tentang wuxia world favoritnya. and i agreeeeeee sekaleeee. tapi perbedaannya meski versi CCTV sangat memanjakan mata karena sineasnya lebih modern dengan peralatan yang modern pula, dan versi TVB minim di out door (studio disulap jadi tebing, gunung salju, lapangan, rumah)—> keliatan banget dah aah, tapi gak ada yang menyangkal kalau performa TVB lebih menyihir ketimbang versi terbarunya. dan spesial buat gue karena….sebagai fansnya andy lau (kwakakakwakka)

di TVB, mengingat tahun 1984, dimana pengaruh film barat yang relatif bertaburan sexual touch belum begitu diterapkan, sentuhan, pelukan, ciuman (hampir2 gak ada), diminimalisir banget. tapi gesture atau sikap badan saling mencintainya tuh terlihat dalem. dan di CCTV, memang lebih berani, jadul tapi dnegan kemasan anak muda masa kini. hot malah, menimbulkan kesan guru-muridnya gak ada. hierarkinya agak terhapus menjadi seolah-olah mereka memang sepasang kekasih dari awal, atau bahkan teman di masa kecil. secara crystal liu yi fei, imut bangeth, sebenernya kurang cocok memerankan bibi lung si gadis naga. khusus versi louis koo dan charman, gw gak ada ingatan sama sekali, dan hanya menonton sepintas jadi tanpa kesan.

salah satu faktor penunjang betapa drama ini berhasil di indonesia adalah yuni shara (saluuut). suara emasnya menyanyikan lagu soundtrak tidak mudah dilupakan orang. dan bila lagu itu diputar lagi, aku enggan beranjak dari tempat dudukku. hei tapi versi terbarupun tak kalah apik. OSTnya menyentuh banget, meskipun gak tau apa artinya. kalau nggak salah XianJianQiXiaZhuan, what is it? pokoknya orkestra abez. beda ama yoko TVB yang klasik.

aku sudah mempunyai 24 keping VCD versi TVB (hadiah dari z, thanx a lot bro). memang banyak adegan yang dipotong (mungkin karena z beli bajakan) karena aku hapal sekali adegannya saat masih tayang di indoseiar sekitar tahun 1995. lumayan untuk memperlancar bahasa mandarin yang berdialek cantonesee. karena tanpa dubbing. jadi tidak semata2 mengamati andy lau yang dulu begitu tampan (ooohhh). misalnya, meski aku hany amengandalkan o\pendnegaran dan tidak tau ejaaanya, paling tidak aku tahu saat mereka memanggil ayah…thie.. (kakakkak). dialeknya begitu dalam sulit sekali ditirukan.

so, menonton film merupakan pilihan, mau versi mana, terserah. semua punya kesan karena ada kenangan saat menonton film itu. akupun demikian, kalau bukan karena “seseorang” mungkin aku gak sedalam ini meresapinya. mungkin kalau aku si remaja baru gede melihat yoko pertama kali dalam tubuh seorang huang xiao ming, mungkin aku juga tergila-gila pada ROTCH versi CCTV. ini meang soal love at first sight tsahhhhh……..

hoaehhhh, ngantuk. Im home

SHC, Strong Heart Contact

Dunia hari ini sedang dikepung nama barrack “barry” obama, si anak menteng. bahkan sukacita kemenangannya nyaris sampai di kursi tempat aku duduk, saking dekatnya. bukan cuma saudara tiri atau keluarga jauhnya yang bangga dan menaruh harapan padanya, tapi orang-orang yang mungkin pernah diajaknya main gundu pun bisa ikut menangis hari ini.

aku sedang tidak membicarakan kemenangannya dari Mcain yang sudah sepuh itu. dan tidak mempunyai kepentingan apa-apa pada Obama. tapi melihat obamanomena yang menyusup di hati orang-orang indonesia mau tidak mau aku ingin membicarakan soal ikatan emosional dan kedekatan atau aku sering menyebutnya dengan strong heart contack (SHC). tentu bahasa prokem yang ku karang sendiri. yang mungkin salah secara ejaan maupun makna.

SHC awalnya hanya sebutan untuk telepati jadi-jadian yang kebetulannya sukar dianalisis secara ilmiah karena hanya kebetulan tak sengaja (tanpa dasar). namun akhir-akhir ini SHC berubah menjadi sebuah ikatan emosional karena kita punya kenangan pada sesuatu atau seseorang. sehingga jika sesuatu atau seseorang itu menjadi begitu sangat terkenal atau disebut-sebut, secara alamiah otak kita dipaksa untuk memutar piringan kaset kenangan tentang itu.

obamanomena

yeah, kemarin saat zee bilang akan ke kalimantan. spontan aku akan merasa ada desiran halus merabat dalam aliran darahku. meski itu pasti hanya imajinasiku saja. aku tidak akan melupakan ikatan darah dan tumpah darah. jika ada yang mengingatkanku tentang condet, batu ampar. aku akan terkenang bahwa disanalah aku lahir dan menangis dan ari-ariku juga masih disana, entah sudah ditimbun bangunan macam apa? aku langsung teringat aku sangat lucu dan cantik sedang berdampingan dengan koper berisi baju-baju, migrasi ke kebumen. jadi bila ada banjir meluapi jakarta, meski itu dibagian denah yang lain, aku tetap merasa, ya tuhan, apa mereka yang pernah bersinggungan dengan keluarga kami tidak apa-apa?

kembali soal kalimantan. jika kakekku “abah” Syahrul Anang tidak merantau ke pulau jawa mungkin aku tidak akan merasa punya ikatan dengan saudara-saudara sedarah di martapura. mungkin aneh tapi bagiku tidak murni berdarah jawa sedikit menyenangkan karena aku tidak bisa bermimpi menjadi blasteran blonde (terlalu muluk). tapi aku juga tidak terlalu banyak berharap dianggap bagian dari suku banjar, meski kakekku sungguh-sungguh suku banjar (jika dia tidak berbohong, karena tidak mau di sebut suku dayak). saudara-saudara di kalimantan dengan tangan terbuka menunggu kami. bahkan jika kami ingin warisan (???).

sebelumnya thanks to bunda ayyash yang memotong kisah yang belum selesai ini dengan komen menggelitiknya. you’re rock!

apakah kamu punya harapan pada seseorang yang kau kenal dekat? dan berharap dia mengerti apa maumu? tentu saja. aku berharap jika kelak zee menjadi bos besar di PLN (karena sementara ini dia hanya karyawan baru?), dia kan menemukan solusi bagiamana agar krisis listrik tidak akan terjadi lagi. dan tidak hanya sekedar plesir dari pulau ke pulau untuk studi banding atau tinjuaan atau apalah. meski aku pernah berbagi pahit manis dan mengerti luar dalam itu tidak akan menjamin bahwa jika aku berhadapan dengannya sebagai kuli tinta lalu kami masih bisa disebut “berteman” atau sebaliknya aku mengungkap kebusukannya? (ini umpama, kalau zee membaca, sungguh ini hanya umpama).

Dan temanku, adik kelasku, yang hanya anak seorang tukang kayu, dengan masa kecil sedikit menyedihkan dan miskin sepertinya suatu saat akan bergelut di dunia statistik. aku harap kepandainnya akan digunakan untuk membangun desa kami dan tidak menetap di Jakarta.

semua pasti berharap, anak yang manis akan tumbuh juga menjadi orang dewasa yang manis. aku juga tidak tahu kelak apakah barry tidak akan menginvasi irak lagi atau membuat israel menarik pasukannya dari tanah palestina, atau mempertahankan harga minyak dunia tetap baik-baik saja, dan dolar turun actually. atau dia tetap seperti pendahulu2nya dan tidak mempunyai SHC secuilpun dengan Indonesia. Terlalu dini untuk menilai. meski mesin baru muka lama yang dibentuknya di kabinetnya kini sepertinya terkesan mengkhawatirkan………