pulang kampung

naik becak paling assoyy

naik becak paling assoyy

Menerjang keremangan malam, ditemani kesiur angin yang menerpa wajah, dipijari lampu-lampu sorot sederhana, lampu motor…(sudah merdeka setengah abad belom dialiri listrik)

mampir supermarket, ciri khas perantau sukses

mampir supermarket, ciri khas perantau sukses

kekang nafsu kita untuk menyandangi diri sendiri, utamakan orangtua. sehelai kain bagi mereka akan menjadi monumen seumur hidupnya.

“anakku sudah jadi orang,” kata mereka ke tetangga.

SSSSttt jangan beritahu kalau cuma baju obralan, meskipun beli di supermarket. nanti ada yang terluka hatinya.

ganjal perut dengan arum manis

ganjal perut dengan arum manis

nikmati perut yang terpilin menahan lapar. biarkan hati memahit, namun jangan lepaskan senyum di bibir. tunjukkan pada kampung halaman bahwa kerapuhan hanya milik para pecundang, bukan kita.

(efek samping: mencret, cepirit, diare, bronchitis)

lupakan lapar dengan membaca

lupakan lapar dengan membaca

mungkin perut terus berkelindan terkepung perih. dahaga pun mulai menyesaki kerongkongan. masih ada jalan bagi kita, lipur hati dengan membaca. selintas kita juga akan nampak intelektual bukan?

(bisa dijadikan bisnis. Tulis dipapan : sewa bacaan koran, Rp 10 ribu per huruf)

kampung, aku datang

kampung, aku datang

rasanya ingin menceburkan diri pada kenangan masa lalu yang tlah menguap bersama waktu. menikmati alunan riak sungai, berkecipak meniupi bumi yang gerah. kita cium tanah yang membesarkan kita. basuh wajah dengan air tanah yang alami itu. rasakan……..hirup………resapi…….

(tak ada WC sungaipun jadi)

tertawa lepas di alam bebas

tertawa lepas di alam bebas

ceriakan hati

ceriakan hati

di kampung, hanya ada udara yang mengelilingi telinga kita bukan deru pacu kecepatan roda dua dan sejenisnya. sebelum dipeluk metropolitan untuk yang kesekian kali, renungkan sejenak apakah kita perlu kembali?

(Inem…!!!lo kagak tau ya, itu cucian udeh setahun belom dijemur. lo kemane aje. itu juga masakan kayak lautan asin amat, kerja yang bener donk! inget ya, selama tiga bulan lo kagak bakalan gaji, nyaho lo.===> teriakan majikan mengejutkan mimpi inem tentang kampungnya)

THE END

Skrip :jenkna

photo by: jenkna

model: Irsa, Ida, Titik

guest star: Jenkna

location: Alun-alun kebumen, RITA Departement Store, Tanjungsari village, Kebumen.

Iklan

Bulik

yeah, aku bulik dari 5 orang ponakan. tapi, dekat dengan dua orang saja karena 3 yang lain terpisah jarak yang jauh. jadi bulik cukup menyenangkan. kalau butuh hiburan, anak2 itu bisa berperan sebagai penghibur terbaik. tapi kalau sedang menjengkelkan kita tinggal serahkan saja ke emaknya, gak perlu repot toh mereka bukan tanggungjawab kita sepenuhnya.

kasarnya, klo lagi imut buat gw, klo lagi berak derita lo!!!

menjelang lebaran, bulik juga mesti siap dana yang cukup besar. karena ponakan2 yang cuma tahu orang gede pasti punya duit itu nagih macem-macem. seperti hari ini, nida aulia najati dan muhammad malik nadzif rebutan megang hp nyokapnya.

Nadzif : bulik, nadzif udah beli sendal dua, baju empat (pamer)

gw:……bagus…bagus (terlepas dari beban hutang)

Nida: bulik, aku mau baju juga!

gw: lhoh mbak nida kan udah dibeliin sama ibu?

Nida: tapi kan baru tiga, kurang satu biar empat.

gw:….(jadi deh ngutang)

NIda: warna biru ya bulik, tambah es krim vanneta

gw:….(hiks…hiks…)

tapi mending lah sekarang aku udah punya gaji, sedikit2 bisa makes they dreams come true. dulu, waktu masih nganggur, setiap mereka merengek minta jajan aku cuma geleng-geleng india. akhirnya mereka tahu kalo justru aku yang menggerogoti uang ibu mereka.

Mbak rey: tahu nggak nida bilang apa?

gw: apa?

mbak rey: kok bulik minta uang terus sih ke ibu?

gw: menunduk maling eh malu

mbak rey: trus dia berdoa, semoga bulik cepet dapet kerja biar bisa ngasih nida uang dan jajan yang banyakkkk.

gw: OMG!

tapi memang rasanya menyenangkan memberi mereka sesuatu meski sangat kecil dibanding apa yang telah mereka dapatkan dari orangtuanya. mbak rey pasti mampu memberi berlian sekalipun kalau mereka mau. tapi anak2 kecil itu menginginkan dari yang lain dari tangan buliknya.

melihatku datang saja, mereka sudah senang dan memelukku beramai-ramai. meski setelah itu teteup tasku digeledah-geledah. berharap menemukan es lilin atau coklat atau mainan unik. saat itu aku merasa dihargai sebagai orang dewasa. Tapi setelah itu mereka kembali bandel dan membuatku marah2.

waktu aku ultah agustus kemarin, nida juga memanjatkan doa khusus. tanpa diajari ibunya, dia mendoakan hal yang standar tapi aku senang mendengar kepolosannya.

nida (7 years old): semoga bulik dapat uang yang banyak, jodoh yang guantenggg

gw: anak kecil kok tahu jodoh, diajarin ibu ya?

mbak rey: (tereak2 gak iklas), enak aja tuh bocah ngarang sendiri, doa dia sendiri gak diajarin kok.

So, aku begtu mencintai ramadan, tapi aku juga merindukan lebaran, aku merindukan bertemu nida dan nadzif. memberi mereka apa yang bisa aku beri. okey honey, see u later. Insya Allah…….

Pecundang

zee

aku tidak suka dengan smsmu hari ini

bukan hanya karena tak kumengerti artinya

tapi luapan kata didalamnya sangat pesimistik

padahal aku sedang terjun dalam kepesimisan itu

saat aku  ingin bangkit, kamu merusaknya

aku baru saja menyelesaikan novel endensor

aku mulai termotivasi

tapi sms mu zee, menyedihkan sekali

aku tidak bisa menebak

sebenarnya apa yang membuat kamu terharu lalu ingin menangis?

kepergian siapa yang kamu tangisi?

siapa pula yang pecundang?

berhentilah meyedih-nyedihkan hatimu jika sebenarnya keadaan kamu tidak pantas bersedih

aku sungguh tidak tahu kenapa aku tidak simpati padamu hari ini

aku mungkin sedang kehilangan selera kasih sayang

atau aku sudah bosan dengan kata-katamu yang ganjil

jika ingin berbagi cerita

bicaralah yang nyata zee

jangan berpuisi dengan bahasamu sendiri

aku tidak marah aku juga sedang tidak ingin pongah

cuma, sebagian hatimu masih tertinggal

dan aku benci harus merabanya dalam gelap

apa yang sebenarnya ingin kamu katakan

apakah setahun refleksi kehidupanmu sebagai pejabat PLN tak cukup membuatmu bahagia?

atau lamu sedang ditinggalkan teman-temanmu lagi?

jika kamu melangsai tulisanku ini

semoga kamu paham bahwa aku  tidak sedang menudingmu

aku hanya tidak nyaman dikejutkan dengan kata-katamu ini

  • bagaimana rasanya kehilangan diary? padahal hasrat menulis lagi menggebu.  mumpung ada angin di masjid PTIK ini. kapan lagi kudapatkan momen seperti ini? aku lagi ingin terharu akan keadaan sendiri ini. orang-orang berganti tak terlalu bertambah. tapi aku melangkah pergi.tiada polisi tiada penerbang. hanya pecundang

aku menemukannya zee

menemukan kata yang ku benci, pecundang

enyahkan kata2 itu dari otakmu

masjid baru saja diduduki seorang hamba

yang dalam kesendiriannya mengingat dosa

apa itu maksudmu?

aku tak pandai lagi zee

aku bukan sosiologmu lagi

aku bukan morfemmu lagi

aku belum memahamimu lagi

maaf…..

Saat Aku Bekerja

 

Ini jepretan orang iseng sungguh! namanya gading satrio pinandito, wartawan foto suara merdeka. aku nggak ngeh sama sekali waktu dia ambil gambar ini diam2. seperti maling. atau karena saking seriusnya aku bekerja? kalo nggak salah lagi terima telepon kantor atau humas RSUD Margono ya? tapi nggak mungkin pas lagi nerima telepon orang jawa pos. soalnya, pas terima telepon pak muchtar aku stand up.

Waktu Rio alek bulo di eksekusi mati, aku emang stay di Margono nunggu jenasahnya datang dari tempat penembakan. eh teteup gak bisa lihat mukanya, cuma kerandanya doang.

another topix……

malam ini, aku mau ketemuan sama dr ige, dokter cantik RSOP.

dokter rykgeren alias ige
dokter rykgeren alias ige

 mo ngeliput alat deteksi  osteoporosis yang termutakhir. siapa tahu wanita lebih rentan dengan ancaman osteoporosis, secara dia hamil, trus menyusui, kalsiumnya kan bisa kesedot banyak. tapi kalau ketemu Doi alias dokter Iman, pasti aku disarankan untuk suntik tanganlagi akibat trigger thumbs ku yang belom sembuh. olala, it a must!

Ohya, kayaknya aku butuh buku socrates lagi, untuk tes psikologi, soalnya aku lagi cacat sabar banget. dimarahin dikit, rasanya gak berharga gitu, apalagi suka di judge gak becus sebelum bekerja. jangan salah, ada sebagian orang yang punya sifat cuma dua, item putih,  like dan dislike. klo emang gak suka sama seseorang, apapun yang orang itu lakukan, adanya salah melulu. Meski sudah ada pembenahan diri, tapi sifat negatif yang dilekatkan seseorang itu sama kita gak luntur-luntur. aku terpasa bilang, benci banget ama orang yang begini. kali dia gak pernah nete sama ibunya ups! mulutnya jenkna jahat banget.
awal2 tes aku itu, sanguinis populer tapi lebih dominan melankolis. Periang tapi peka euy. anehnya aku gak termasuk plegmatis damai seperti bunda nani (adiknya mas jarot, redaktur senior), temen kosku. bunda, orangnya kalem, meskipun awal masuk kuliah disebut sebagai mahasiswa vokal, suka orasi banget. tapi setelah mengenal bunda lebih dalam, ternyata dia itu emang plgmatis damai, suka menghindari bermasalah sama orang. jadi anti konflik banget. tapi nggakmenutup kemungkinan sih si plegmatis ini malah bikin orang2 disekitarnya, suka berkata ‘iiih ni orang, maunya apa sih, gak teges banget, “
akhirnya sodara-sodara, saat aku bekerja, memang banyak kejadian tak terduga. baru diangguki senyum dalam hitungan menit, tapi detik yang berikutnya dibenci ampe seminggu. contohnya waktu aku nulis berita rada salah, onslag di tulis bebas, wuih, aku dimarahi betul. padahal tanggungjawab itu tak hanya ada dipundakku. baiklah tak perlu diperpanjang, itu sudah berlalu, tappi hubunganku sekarang jadi berjarak banget sama mereka (???)
stop complaining, said the farmer……penggalan lagu donna donna
Bismillah, jenkna kerja dulu ya………

Si Dia Ta Ku mengerti

Tanggal 15 kemarin, aku sedikit shock, sampe nangis malah. Karena aku tidak pernah mengalami hal semacam ini. Si dia sungguh tak ku mengerti. Mungkin aku stress, atau memnag ada sesuatu di rahim atau indung telur ku ya? wallahu alam. sungguh hanya pada-Nya segala urusan kita kembali.

aku cepet2 cek berbagai pihak (gak ke cek dokter). termasuk internet. terakhir aku ke bu hj munjiah mughofir tadi pagi. menanyakan harus bagaimana aku. tentunya aku memang harus mendatangi orang yang tepat soal fiqih wanita. ini menyangkut ibadahku di bulan ramadhan.

si diaku datang seperti contoh fulanwati ini…….

(aku mengambil sebagian dari pluk-pluk.wordpress.com)

Definisi Haid
    Haid adalah darah yang keluar dari rahim dinding seorang wanita apabila telah menginjak masa baligh. Haid ini dijalani oleh seorang wanita pada masa-masa tertentu,PALING CEPAT SATU HARI SATU MALAM, dan PALING LAMA LIMA BELAS HARI. Sedangkan yang normal adalah enam atau tujuh hari. Sedangkan PALING CEPAT masa sucinya adalah TIGA BELAS  ATAU LIMA BELAS HARI dan paling lama tidak ada batasnya. Akan tetapi, yg normal adalah 23 atau 24 hari.

    Dalam menjalani masa haid ini, wanita dikelompokkan menjadi 3 kategori, yaitu:
1. Wanita yang baru menjalani masa haid
    yaitu wanita yg baru pertama kali mengeluarkan haid. Ketika itu ia berkewajiban meninggalkan sholat, puasa dan hubungan badan, hingga datang masa suci. Apabila masa haid itu telah selesai dalamsatu hari atau paling lama lima belas hari, maka ia berkewajiban untuk mandi dan mengerjaan sholat. Apabila ia setelah 15 hari darah tersebut masih tetap keluar, maka ia dianggap mengalami masa istihadhoh.
 
2. Wanita yang telah terbiasa menjalaninya
    yaitu, wanita yang mempunyai hari-hari tertentu pada setiap bulannya untuk menjalani masa haidnya. Pada hari-hari tersebut, ia harus meninggalkan shalat, puasa dan berhubungan badan. Apabila ia melihat darah berwarna kekuning-kuningan atau berwarna keruh setelah hari-hari haidnya tersebut, maka ia tidak perlu menghitungnya sebagai darah atau haid.

3. Wanita yang mengalami keluarnya darah istihadhoh
    yaitu, wanita yg mengeluarkan darah secara terus menerus melebihi kebiasaan masa haid. Tetapi masih berkewajiban untuk menjalankan sholat, karena merupakan darah penyakit

Amalan yg dilarang untuk dikerjakan bagi wanita yang menjalani masa haid
– shalat
– puasa
– membaca al quran
– menyentuh alquran
– berdiam diri dalam masjid
– thawaf
– berhubungan badan
– thalak
– ‘iddah dengan perhitungan bulan
 taken from : fiqih wanita, syaikh kamil muhammad ‘uwaidah ::pustaka al-kautsar

study kasus misalnya seperti ini::
si fulanwati pada tgl 1 maret mengeluarkan darah haid, tetapi pada tanggal 5 berhenti, setelah itu tanggal 11 keluar darah lagi, sampai tgl 18,,pertanyaanya mana diantara darah yg keluar tersebut adalah darah haid??

jawab :
– cek terlebih dahulu jarak dengan haid bulan sebelumnya, apabila lebh dari 15 hari maka sudah dianggap sebagai darah haid
– yang temasuk darah haid adalah tgl 1-15 (karena batas waktu masa paling lama haid); jadi tgl 1-5 dan tgl 11-15  termasuk haid,, karena darah yg keluar tidak terus menerus maka, antara tgl 6-11 dia suci  dan wajib menjalankan sholat,,
– tgl 15-18 dia mengeluarkan darah,,tetapi tidak dihukumi haid karena sudah melebihi masa  paling lama haid, sehingga harus tetap sholat meskipun mengeluarkan darah
– kenapa tgl 11-18 tidak dihukumi darah haid semua?? karena jarak antara haid yg awal dan yg kedua belum genap 15 hari.

Kata Bu nyai, tanggal 2-10 dihitung haid, 11-14 suci, 15-20 haid, kalau 20 si dia belum pergi berarti di hitung istihadhoh.

Ya Allah, mohon ampun atas keragu-raguan ini…..

metamorfosa zee

novelku

novelku

Semalam, aku minta ijin sama kang ozay supaya iklas novelnya kukirim ke Gagas media. Kayaknya tuh bocah rela, tapi agak warning supaya bebrapa bagian diganti. yah moga-moga aja sih gak sampe bikin dia malu.

masalahnya aku juga gak tahu, layak ato nggak sebenernya tu novel. abis setelah tersingkir di DKJ, aku agak pesimis. mulai deh, manja!!!

ohya, ngomong2 soal zee yang dinas ke jogja tapi gak mampir ke purwokerto, cuma ada satu kata Alhamdulillah, aku gak jadi tukang ojek. enak aja, cewek kok ngeboncengin cowok, harusnya zee malu ama jenggotnya yang kaya hutan belantara itu!

agak menyimpang sedikit dari novel

ini juga novel, novel kehidupan yang non fiktif. soal sidang korupsi tadi siang. ehm..mengharukan, waktu ngeliat pak T meluk istrinya sambil nangis. siapapun orangnya pasti sedih berseteru dengan atasan, dimana sebelumnya dia dengan atasan seperti ibu dan anak saling menghormati. tapi ketika di dalam sidang mereka harus membela diri masing-masing demi lolos dari jeratan hukum, ato minimal diringankan lah.

dalam kasus korupsi seperti ini gak ada hukum tabur tuai lagi. (sementara ini sih). biasanya siapa yang menabur kan dia yang menuai tapi ternyata belum kejadian. yang ada setelah bapak senang, anak meriyang. or dalam kalimat lain, panglima maju belakangan, kroco maju dan mati paling depan. kasian….

kalo putusan sidang korupsi yang kemaren kan onslag, dan aku juga nggak nyagka banget klo onslag. aku emang sempet menduga bebas sih, soalnya klo merunut perda kan cuma balikin duit doang. ganti ruginya enough, gak usah pake pidana juga bisa. atau ditarik ke ranah perdata aja. tapi klo yang ini, kayaknya secara pke kast mata emang bener2 korupsi, tinggal siapa yang bakal dihukum lebih berat aja…

wait n see lah….wartawan mah cuma penganilisis kecil, tapi bukan pembuat kebijakan.

once more….zee, aku nggak mau di imami zee, geli abis zee kalo shalat suka goyang2 he he