Sarang Semut

Sarang Semut Obat Herbal Anti Kanker

sarang semut

sarang semut

 Khasanah kekayaan tanaman obat di Indonesia kini bertambah dengan hadirnya sarang semut. Sarang semut sebenarnya bagian dari tanaman benalu bernama ilmiah myrmecodia sp. Bentuknya mirip umbi, di bawah batang tanaman yang menggelembung. Di dalam gelembung itulah tiga jenis semut irydomyrmex menghuni. Jadi bukan sembarang semut yang biasa ditemui di beberapa ranting pohon seperti pohon mangga.

 “Semut nyaman berada di sana karena tanaman inang memproduksi gula yang berfungsi sebagai sumber pakan,” terang Maryoso Apt, pemilik Natura Shifa yang berada di Jalan Lesanpura, Karangklesem, Purwokerto.

Dikatakan Maryoso, zat-zat yang dikandung sarang semut diduga sebagai anti oksidan serta mengandung vitamin dan mineral. Anti oksidan yang berperan melawan radikal bebas pemicu tumbuhnya sel kanker.

 “Perempuan cenderung berisiko mengalami kanker yang berhubungan dengan reproduksi dibanding pria, seperti kanker rahim, miom, tumor, kanker payudara dan sebagainya belum lagi mengalami masalah keputihan. Hal itu bisa diatasi dengan rutin mengkonsumsi sarang semut,” ujarnya.

 Maryoso menambahkan, tanaman yang banyak terdapat di wilayah Papua (Wamena), Sulawesi, dan Kalimantan ini bisa dikonsumsi dengan cara direbus atau sudah dalam bentuk serbuk yang sudah dikemas menjadi kapsul. Namun, jika ragu akan keaslian kapsul yang benar-benar berisi sarang semut, konsumen lebih baik meminum air rebusan sarang semut saja. “Sarang semut bila dihancurkan memang seperti serbuk gergaji, jadi harus hati-hati,” ujarnya.

 Cara membuat ramuan sarang semut cukup mudah. Sarang semut biasanya dijual kering dalam bentuk bulatan pipih. Ambil separo bagian, lalu rebus dengan tiga gelas air menjadi satu setengah gelas. Kemudian diminum tiap pagi dan sore. Maryoso mengatakan, dalam waktu sebulan akan mulai terlihat perubahannya.

 Selain bagus untuk mengatasi kanker. Sarang semut juga terkenal ampuh mengobati penyakit jantung. Khasiat sarang semut mengatasi penyakit jantung bocor diduga akibat kandungan sarang semut yang kaya mineral. Kalsium dan natrium yang dimiliki sarang semut juga berperan memperbaki kerja jantung sedangkan kaliumnya berperan mengatur ritme jantung.

 Dengan banyaknya manfaat yang dikandung, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) juga tertarik untuk meneliti zat-zat yang terkandung. “Saat ini memang tengah diteliti LIPI,” katanya. (jenkna dari berbagai sumber)

 

Iklan

5 thoughts on “Sarang Semut

  1. Myrmecodia pendans is the Latin name for ANT NESTS. Myrmecodia species but there are 71 species that merit is the kind Myrmecodia pendans with an average size diameter of 25 cm and height 45cm. Anthill grows on trees as high as 8 meters above sea level is 1100 to 2500 in the Jaya Wijaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s