lunar dan bagas 2

patah-hati

kaos-bagas-150x150

story goes…
senja sudah nyaris jatuh, tapi lunar masih asyik membentuk tangannya serupa ceruk, memunguti air. berkali-kali, yang direoknya itu jatuh kembali ke induk melewati sela-sela jemari. lunar tersadar, dia hanya mendapatkan sisa basah bukan air yang sempurna. dan begitulah hidupnya, mendapat malu tak berkesudahan sedang yang membuatnya malu tak menengok lagi.

Lunar sangat malu jika mengingat ini! ia pernah menyerahkan telapak tangannya digenggam bagas saat menyeberangi jalan raya, pernah diketuk ujung kepalanya alih-alih tanda sayang, pernah mendekatkan bahu dan pelipis dalam jepretan kamera, pernah disuapi dan menyuapkan sepotong tart, pernah melingkarkan lengannya ke pinggang bagas di stasiun kereta, pernah mengabadikan bunga plastik hadiah bagas di vas ruang tamu, pernah dan pernah menyentuh pipi bagas menghapus airmata laki-laki itu saat tertimpa sedih.

lunar ingin sekali menyalahkan zenit dan oscar, dua orang terdekatnya yang sok heroik, yang menghiperbolakan cerita-cerita isapan jempol bahwa bagas seolah-olah sudah menjelma menjadi pecinta lunar. kata zenit, bagas dan lunar merupakan labirin yang saling berdekapan.meski rumit namun saling mencintai.ucap oscar, bagas dan lunar merupakan sepasang kail dengan umpan,tak berfungsi jika berdiri sendiri.Zenit membumbui bahwa bagas sudah menghamba pada lunar sejak lama, hanya dikekang malu hingga tak ada sepatah kata mengudara dari mulutnya tentang cinta. oscar lebih-lebih, dia memaksa lunar untuk percaya bahwa bagas adalah senyawanya. Oscar mengumpulkan begitu banyak bukti. apalagi kalu bukan tujuh surat ajaib bagas, dan perhatian-perhatian bagas yang katanya selalu tertuju pada lunar. bagaimanapun lunar menepis nepis rasa yang awalnya kosong melompong, pada akhirnya lunar tetap kena gendam.ia terhipnotis dan mulai mengiyakan soal derajat rasa yang mungkin harus diubah.sahabat menjadi kekasih.

zenit dan oscar mana mau bertanggungjawab, jika kisah lunar terbakar oleh angan.toh lebih nyala angan dibanding fana.dalam angan menggebu-gebu dalam fana dingin dan gelap. bagas tidak bermain dalam lakon yang diceritakan zenit dan oscar. saat lunar berlari menyongsong bagas, pria itu tiba-tiba melangkah mundur. pola lakunya berubah,tak ada kegiatan saling menopang lagi.bulan demi bulan, bagas yang biasanya tak tahan bertukar sapa dalam hitungan hari menghilang. lunar seperti dihempas, ia tahu diri untuk segera melepas ketertarikannya terhadap bagas yang muncul tiba-tiba.menggantinya dengan rasa yang sederhana lagi seperti dulu.tapi lunar terlanjut terjebak,dan tak ada jalan pulang.ia sudah terbuai dengan rasa yang baru saja diciptakannya dan ia masih menyimpan harap sesuai wejangan dua cecunguk terdekatnya itu. hingga ….

bagas datang dalam tenang yang dihimpun.tanpa rasa bersalah, ia memukulkan gada besar dikepala lunar.bagas telah berlabuh.pada mahluk semacam lunar tapi bukan lunar.oh, tentu melegakan karena ia tidak tertambat pada oscar yang laki-laki.tapi…lunar tak urung kecewa.lunar pikir, ia masih bisa menyematkan rasa yang baru digubahnya itu pada bagas.ternyata terlambat.bagas sudah punya morfem lain untuk menopangnya.telinga lunar mendengar sendiri suara bagas yang begitu bahagia memperkenalkan separuh jiwanya pada lunar.mungkin karena dimabuk cinta, bagas mendadak pikun dan merasa telah bertahun-tahun yang lalu membicarakan tentang kecenderungan hatinya pada wanita itu dengan lunar.padahal ini kali pertama lunar mendengarnya.bagas bahkan terlalu amnesia untuk berpikir bahwa ia sudah meninggalkan lunar terlalu lama, tidak ada pertukaran cerita lagi.mana mungkin lunar tahu?

yang dilakukan lunar hanyalah menangis.bukan menangisi bagas yang telah menentukan pilihan hidup.tapi menangisi dirinya yang rapuh.rapuh termakan hasutan oscar dan zenit sehingga rasa yang tak seharusnya itu hadir.tapi kebodohan pasti diciptakan untuk melahirkan kepandaian yang baru.supaya lunar tidak terjebak lagi.

sungai tenang…dalam pelukan malam.senja yang sekedar mampir sudah musnah.lunar kembali pada dirinya,bukan kenangannya yang tadi.nyaris tak ada lagi sakit yang tersembunyi.setelah surat-surat bagas menyatu dengan air,begitu pula dengan kaos hitam pemberiannya yang menghilang dibawa arus (sengaja dihanyutkan), juga novel tentang lunar dan bagas yang tak pernah berhasil terbit ikut terkubur dalam air yang mengalir itu,lunar merasa puas.mungkin sadis melupakan bagas dengan cara seperti itu.tapi jika lunar bahagia dengan melakukannya apakah harus diberangus oleh orang-orang yang tak mengerti perasaannya.bahkan oscar dan zenit tak bisa mencegahnya untuk itu.

sungai lebih dari tenang.lunar mendapatkan damai.diseberang,sebenarnya ada sosok laki-laki lain yang menunggu.ranum dipersiapkan sang Maha untuk Lunar.sangkaan lunar bahwa bagas adalah penawan yang satu adalah salah.dia tersenyum, mengulurkan tangan.aih, lunar mendekap harap lagi, kali ini apakah ia akan kecewa?biar sejarah mencatat

THE END

Iklan

Lunar dan Bagas

lunar_itunes

di sebuah tepian sungai yang didalam arusnya ada pusaran tipis bekas lompatan katak, lunar berkaca. bayangan cantiknya bergoyang dan tercabik dahan mungil yang tiba-tiba saja menghujam air. bersamaan dengan itu, paru-parunya seperti terisi pasir, seperti mencoba mengambil oksigen namun dihadang oleh isi lautan.

yah, lunar di tempa jejarum sakit karena bagas.kehidupan lunar tidak ditangan bagas,tapi kebahagiaan lunar serasa hanya bagas yang bisa memberikannya.pandangan sempit itu ternyata memporakprandakan lunar sendiri. gadis berperangai sedikit galak itu merasa bagas terperangkap dalam tujuh buah surat yang dikirim ke pangkuan lunar saat keduanya masih menganggur. hingga jarak ratusan kilometer seperti langkah kaki pendek seorang kurcaci. bagas nyata-nyata mengangkat sumpah yang diamini lunar bahwa bagas akan selalu ada untuk lunar, bagas ingin kelak lunar ada dipenglihatannya yang terakhir saat menutup mata.bagas dengan gelimang kasih sayang menyuapi lunar dengan kisah-kisah misterius yang bahkan tak semua orang bisa merabanya.tapi lunar dipersilahkan menggenggam dunia bagas dengan mudah oleh siempunya sendiri, hampir tidak ada detail yang menelikung di belakang lunar. siapa bagas, ibarat ketukan detak jantungnyapun lunar bisa membauinya. tapi kertas-kertas itu terasa hambar kini.kalimat bagas ternyata hanya celotehan biasa saat waktunya begitu senggang sehingga hanya lunar yang tertangkap dikesepiannya. saat itu arah pandang mata dan telinganya masih dipenuhi lunar karena hanya lunar yang bersedia mendengarkan ratapannya sebagai anak, kakak, adik, sahabat yang tersisih.

syahdan, setelah bagas bekerja, dunia lunar menjadi lain.disaat lunar masih terjebak dengan keterampilan bagas mengolah kata dan gambar dalam surat-suratnya yang telah lapuk, lunar tidak menyadari bahwa bagas sudah keluar, menyelinap lewat setapak yang tak kasat mata. lunar terus ternina bobo hingga pada akhirnya bagas mengejutkannya. “Hei aku sudah berada di luar lingkaranmu lunar!”

angin hanya mengibaskan sejuk ke permukaan helai rambut lunar saja, tidak ke kulit kepalanya yang terasa mendidih.lunar merasa dibohongi. meski sebenarnya kebodohan didekap lunar sendiri.lunar terlalu takut beranjak dari kesemuan yang dibentangkan bagas.karena lunar masih meyakini kedigdayaan surat bagas yang begitu sempurna untuknya.yah, mungkin bagas,sahabatnya, itu memang untuknya melebihi pamor pertemanan yang agung….meski apakah lunar menasbihkannya sebagai cinta,lunarpun tampak pongah untuk mengiyakan.

titik nadir lunar menggejala.bagas melebarkan jarak langkah kurcaci menjadi ayunan raksasa, betapa jauh tak terjangkau.lunar masih belum mengerti apa yang terbenam diotak bagas hingga melepas lunar yang “katanya” diberi gelar soulmate. sebenarnya lunar tak perlu menggugat. bagas adalah manusia nyata bukan lempengan surat absurd dengan kata2 manis seorang pengangguran. dunianya sudah ditentukan. dan lunar tak perlu dimintai pertimbangan…

airmata lunar dikucurkan lewat jemarinya.seerat lunar mendekap wajah, sekuat itu bayangan bagas bersengketa dengan surat2nya.
air asin dari sudut mata lunar lebih kepada malu.pengorbanan lunar menembus malam yang pekat dingin demi menyenangkan bagas saat berkunjung ke kota lunar ternyata tipuan optik.bagas tak pernah serius hendak benar-benar meraih lunar, dia hanya bermain-main.dan yang diraihnya sekarang adalah orang di luar lunar. yang tak perlu disisipi surat-surat,yang tak perlu mengintimi masa lalu bagas yang pahit dan miris.

lewat damar yang berayun, lunar kembali memegangi wajahnya yang terpantul di air sungai.

kisah ini belum berakhir….

(dah pada nangis belom yaaaa)

asyiknya bikin teori chapter 2

hi
im back!sebenernya capek abis pulang kampung.mata tinggal segaris (kalo penggarisannya buat ngukur gajah berarti masih belo dong mata gue)

kalo ngeliat komen di chapter pertama, jenkna seh geli sendiri melihat keeroran itu semakin tampak nyata.sebab teori itu ada karena jenkna alami sendiri. jadi sudah mengejawantah dalam kehidupan sehari-hari. Sebelum masuk ke inti teori, thanx buat komennya. jenkna seneng banget masih ada yang mau ngerelain waktunya baca teori-teori ala jenkna. semoga terpengaruh. harus terpengaruh. he he he u rock guys!!

next theory
3. especially 4 gals.

cara laki-laki menarik perhatian kadang terlalu gampang ditebak. salah satunya dengan menyanyi. kalau lagi lewat kos-kosan yang dihuni mahluk cowok, ato papasan sama cowok trus tiba-tiba cowok yang lagi nongkrong ato lagi ngobrol sama temennya disana tanpa angin ujan petir badai sing a song meski dengan nada gumaman gak jellas, dia sedang melancarkan aksi TePe. kebalikannnya, kalo pas kita lewat dia diem aja, berarti hes not interesting bout us.
alasan menggunakan nyanyi sebagai alat mencariperhatian:
pertama, nyanyi bisa ngusir grogi. kedua, suara jelek dianggap bukan masalah, yang penting unjuk kebolehan.ketiga, kalo lagu itu lagi in, berarti tu cowok gaul donk.

4.beberapa orang baik laki-laki maupun perempuan senang memelihara fans. tanpa disadari bahkan cenderung membuka harapan ke semua orang. tapi giliran orang itu tertantang memasuki harapannya, tiba-tiba saja ditutup. oke mungkin agak sedikit berputar2 gak jelas ya?
orang dengan tipe ini, ketika sudah menjalin hubungan serius dengan seseorang, tetap mempertahankan hubungan-hubungan lain yang romansanya sejenis. gampangnya, nggak bisa dengan satu orang saja, meskipun mencintai seorang saja. karena sayang melepas yang lain….meski tidak begitu mencintai yang lain. hanya sayang saja…

5.orang yang mempunyai tampang biasa tapi bersuara merdu atau punya kelebihan di linguistik (dialek, aksen, tata bahasa) akan memanfaatkan suaranya untuk tetap menjadi pusat perhatian. mereka tak segan2 berbicara lebih keras dibanding teman2 disekelilingnya bahkan cenderung lebih berisik. jika orang itu berasal dari metropolitan (jakarta), dia akan menggunakan ke-jakartaannya-untuk tampil eksis. kata gue-elo diperjelas dan dibumbui kata gaul jaman sekarang seperti secara, gitu loh, ….sebenarnya ditambah cara jalan juga. gaya berjalan yang model’s look, ditambah suara yang empuk, bisa sedikit nutupin kekurangan di wajah (menurut mereka)

6.bagi kamu masih terus baca teori ini? nggak ada kerjaan lain apa???? he he he

cauuuu(to be continued)