Lolos Cecintaan, Yippiee

senyum dulu ah ^^

gara-gara INI

Ceritanya dua cerpenku lolos even cecintaan kampungfiksi.com. jadi dua buah cerpenyang sempet mejeng diblog aku hapus. maaf ya bagi yang udah komen jadi ikut kehapus juga. demi menjalani prosedur yang benar, jadi harus dihapus. so tinggal tunggu kapan terbitnya.

yang paling menyenangkan dari berjuang adalah, baru terasa nikmatnya berproses setelah mengetahui hasil akhirnya. kadang saat berproses memang ada keluhan2 karena capek, bosan, nggak PD dsb.tapi ketika itu sudah terlewati…pikiran pasti melayang ke bagaimana proses itu terjadi…baru terkenang betapa indahnya proses menuju hasil yang menggembirakan

selamat juga bagi penulis lain yang lolos cecintaan kampungfiksi.com..

fighting!

Namamu Sangat Penting!!

Aku menggunakan namamu, untuk melindungi hatiku. Tidak bolehkah?

Ada yang melukaiku, meski dia datang dengan kasih sayang. Dia sengaja membuatku tidak nyaman dengan memasang badannya terlalu dekat denganku. aku berharap dengan namamu, dia mundur dan menyerah kalah. bukan, aku bukan sedang mengumbar -kedekatan kita- atau yang mungkin terlanjur disebut cinta.Seperti keinginanmu, aku akan membuatnya biasa-bisa saja. tak perlu mencolok. Tak akan membahana seperti menggunakan TOA.. Tapi ..

aku berdiri dalam ketakutan dan sendirian. tidak pernahkah kau berpikir, kau tidak pernah melingkarkan sayapmu secara dekat untuk menjagaku dari cengkeraman yang lain? karena kita sangat berjauhan secara jarak. Sekali lagi, aku hanya mencatut namamu sedikit saja..apa tidak boleh? Aku sangat panik. dia menyerangku dari segala penjuru, sekalipun aku memasang papan namamu. Dia sudah sangat membelengguku dan inilah caraku melarikan diri meski hanya dengan upaya sederhana menggoreskan namamu!!!

 

gambar diambil dari sini

Habis PR, Terbitlah Award

keren kan judulnya.xixixixixi

Tapi judul seringkali tak menggambarkan isi. makanya beberapa kali dapet pengalaman salah beli buku. pas ngeliat sinopsisnya sih bagus.testimoninya juga. begitu liat isinya..ketepu…

stop bahas yang bukan2!!!

Langsung saje bole tak? ini PR kirain pendek2 aja ya eh ternyata ada tiga item. hem…bikin aga ngos-ngosan…tapi jadi terpacu semangat nulisnya.¬† mari kita kulitin atu2..

1. Thank the person who nominated you and give their blog a shout out on your blog with a link to their blog:

Jelas karena kebaikan hati mbak winda, aku yang udah lama banget gak pernah ngegarap PR dari sesama blogger akhirnya jadi anak sekolah lagi (punya PR). Lebaynya sih, aku ngemis2 dikasih PR gitu biar dapet award dari si emak geol eh gaul yang satu ini hahaha…Pokoknya yang muda gak boleh kalah semangat nulisnya ama yang lebih senior (???) dalam keadaan apapun termasuk saat sakit gigi ūüôā (Ngelirik mbak Winda)

2. Share 7 random facts about yourself

wadu du du…aku paling seneng klo orang lain yang membeberkan fakta SEPERTI APA SAYA? kalo menyakitkan jadi bahan interopeksi diri, kalo menyenangkan, ya emang lebih enak dipuji orang lain juga dibanding muji diri sendiri haha

1) Manja

ini sudah jadi perbincangan umum di kalangan teman-teman dan keluarga. bahkan klo ada temen-temen yang main ke rumah, biasanya kakakku langsung mencegat mereka dengan kata-kata…si indri manja yaa…emang begitu orangnya whatss…jatuhkah kredibilitas gue..oh no…kan tetep ada sisi maturenya. aku emang suka ngelendot, suka minta ditemenin, nyuruh ini itu, tapi klo buat curhat bisa sok dewasa.bukan dewasa lho ya..sok aja haha

2) Cengeng

Ya ini sebenarnya lanjutan dari manja. satu paket begitu. agak sensitif sih. kadang dimarahin ortu dikit aja suka mewek. ya nggak yang meraung-raung cuma so sad dan meneteskan air mata diam-diam aja. kalo nonton pelem yang sedih-sedih juga gampang nangis haha

3) Gampang Sakit

ehm, kata nyokap sih aku tuh anak yang hampir gak jadi. toeng weng weng weng.soalnya dulu nyokap hampir keguguran.supaya bisa mempertahankan aku, nyikap tuh bed rest dan disuntik penguat kandungan. nyokap bilang, mungkin gara-gar aitu aku gampang banget sakit. terutama flu dan masalah pencernaan. Padahal sakit itu mahal jenderal…:((

4) Pelupa

wah ini nih yang jadi petaka hidup sehari-hari. kadang lupa naroh kunci motor, padahal narohnya¬† masih hitungan detik. naro duit juga sembarangan. kadang beletetan kemana-mana. klo beruntung, nyokap yang menemukan itu duit dan dipake belanja hahahahha. gak papa..aku sih seneng-seneng aja asal yang nemuin jangan orang lain…pasti belum tentu seikhlas klo sama nyokap.

5) gonal-ganil (aduh bahasa yang tepat apaan ya)

ada yang manggil cenal cenul juga. tipe orang yang kalo jalan kaya pragawati gitu. heheh gak ding maksudnya mungkin pecicilan, ceria, charming, pokoknya gaya orang yang rame gitu deh..kata temen-temen..klo ngomong semua anggota badan biasanya ikut semua. tangannya kepalanya. full bahasa tubuh dan bahasa kalbunya keluar wkwkwk

6) Ngocol

aduh sumpah ini bukan klaim pribadi. tapi berdasarkan survei yangbelum teruji kevalidanya halahh…tapi seperti kata pepatah hati-hatilah dengan orang humoris, dibalik kelucuannya dia bisa segalak macan. haha ya aku emang galak klo sama anak buah (wartawan)..galak demi kebaikan mereka menurut versiku. Klo udah ngomel mending jangan didebat deh. Tapi abis itu nyesel sih, buang-buang energi aja ngomelin orang. haha

7) Prestatif

opoooo maksudnyaaa? ya diantara sekian banyak hal yang jelek dariku…mungkin ini satu-satunya yang bisa dibanggakan haha. klo aku udah menekuni sesuatu bisa telaten dan nggak tahu kenapa (menurutku sih cuma kebetulan) biasanya aga menonjol dibidang2 yang digeluti. waktu terjun ke tarik suara ya emang sering juara lomba nyanyi. waktu ikut karate juga dapet best of the best di dojo dan menang di beberapa kejuaraan. waktu jadi wartawan juga pernah jadi karyawan berprestasi. hehe..ya meski aku pikir itu hanya kebetulan katanya sih aku layakmendapatkannya entahlah hohoho berasa gak yakin gitu

enough yaaaaaaaaa? Alhamdulillah kelar

OOPs masih satu lagi PRnya!

3. Send on the award to 15 bloggers whose blog you appreciate and then let them know that they have won award.

1. irfan hadi

kalu mau tahu soal bikin blog. ni die jagonya..banyak banget info ngeblog yang bermanfaat dari dieske…blognya informartif banget da ah..

2. ayay

sohib aku ngeblog pertama kali. isinya ya 11 12 ma aku, curhat, soal kehidupan gitu. tapi sayangnya mbak yang satu ini lebih fokus jualan online sekarang. baik itu lewat fb maupun blognya. becoz she’s my best friend, gue kasih dahhhh

3.  om bendol

ni orang kocak dan saru haha. makanya nama blognya aja humorbendol. banyak kisah-kisah kocak dan agak nyerempet saru itu tadi. tapi banyak juga yang inspiratif. kalu mau ketawa-ketawa ngakak ya di sini tempatnya.

4. arif

ini blog serius. jadi kalu mau kesana siapin mental bosen dulu.haha. arif itu sahabat masa kecilku. nah, isi blognya soal pajak semua. pengen tahu pajak penghasilan, pajak industri bla bla..pokoknya buat anda yang ga punya pengetahuan tentang pajak. wajib mengunjungi blog ini. maklum dia kan orang pajak jadi menguasai betul…

5.  zee

ini soulmate saya hiks…yang sudah punya jabatan tinggi di HRD PLN pusat wkwkwk…tapi tetep aja di mata saya…dia adalah bahan ledekan dan bully saya…biarpun gaji dan jabatan lebih tinggi dari saya…nggak ngaruh..saya tetep leadernya haha

6. easy

ini dia ratu blogger kita. followernya banyak. kisah-kisah yang di share juga ringan tapi berkesan. selain pandai merangkai kata. mbak yang satu ini juga punya toko online yang oke punya. terakhir dia berbagi kisah tentang proses cabut gigi yang nggak sakit sama sekali. dengan dokter yang juga ramah luar biasa…(gigi lagi gigi lagi..jadi inget mbak winda)

7. herdi suyatna

mas herdis ini aktif bangettt update tulisan, kereen deh pokoknya. biasanya sih seputar perjalanan pribadinya, pas lagi ada tugas dari kantor. Atau aktivitas sehari-hari dia lah, meliputi jalan-jalan atau kuliner.

8. snepy

awal kenal snepy, dia pribadi yang lucu banget. ngocol dan ngawur. foto-fotonya narsis sama artis. bikin ngiri haha. tapi belakangan, ni bocah kayaknya banyakan ngomong galau2. tapi over all, si prbadi yang ceria ini bikin hangat siapa saja.

9. fandi

temen blogger yang udah kayak adek sendiri. dulu suka banget curhat sama aku. setelah jadi penyiar doi kayanya sibuk berat. tapi syukurlah cita-cita jadi penyiar terkabul. Mau tahu perjuangan dia jadi penyiar kondang? baca aja blognya. hehe diaktifin lagi ya deee fandiii..

10. ari bicara

ari merupakan sosok kritis. blognya berisi hujatan wkwkwk pada birokrasi. soalnya dia sering jadi korban keribetan birokrasi. selain berisi kondisi sospolekbudhankam, isi blognya juga seru dengan kegiatan perjalanan dia mengelilingi indonesia dalam memperkenalkan sebuah software. top banget dah..

10 aja udah oke banget nih ngorek2 temen bloggernya. udeh polll. please dimaklumin yak. udahan dulu yakkk….mau tepar bentar…

semoga bermanfaat ^^

fighting people!!!

 

Aku dan Pak Hernowo

Aku kenal pak Hernowo Hasyim, pertama kali, sebagai penulis buku berjudul Mengikat Makna dari Mizan Publishing. itupun sudah lama sekali, saat mengejar Tugas Akhir (TA). Skripsiku yang berjudul Representasi Hinduisme dalam Film India menemui banyak kendala karena memakai pisau analisis yang baru dikenalkan dosen.Analisis Wacana Kritis yang diusung aliran Post Modernisme Frankfurt. (isinya apa juga udah lupaaa hahaha)

Tidak menemukan orang yang tepat. Itulah kondisiku saat itu, miskin data, narasumbernya hanya kepingan vcd film yang benda mati, dan pengetahuan kebudayaan india yang nol persen. Ketiga dosenku memang baik. tapi itu nggak cukup. Curhat dengan dosen lain di UI eh malah berantem, karena dia “sedikit” menghina jurusan sosiologi dengan mengklaim kalau jurusanku itu lebih banyak menggunakan kuantitatif daripada kualitatif. Akhirnya, kami bermusuhan dan tidak pernah chat lagi. Mau kuan atau kual, suka-suka penulisnya…masa disamaratakan begitu, aku dan dosenku sama-sama tidak terima dan akhirnya dosenkupun mempersilahkan aku untuk putus hubungan dengan dosen yang kupikir berbobot itu.

Lalu, aku ingat pernah berkenalan dengan seseorang bernama Hernowo Hasyim. Dia pernah datang sebagai tamu seminar menulis mengikat makna. Aku membeli bukunya, dan diapun membubuhkan tanda tangannya di buku itu. Dia membuka ruang untuk berkomunikasi lewat email kapan saja. Jika ada waktu pasti dibalas. Dan…aku tidak pernah dikecewakan setiap pertanyaanku, terlihat bodoh sekalipun mendapat jawaban yang membuatku¬† tidak ragu untuk menulis dan berkarya.

Inilah beberapa percakapan lewat emailku dengan beliau. Memang sudah lama, namun kedalaman bahasanya patut dikenang

GW : pak her, uhhh lama ya tidak saling berucap sapa. pak her juga lama gak bales email saya, harusnya saya dapet buku nih, heeee, becanda. saya juga lama gak bales emailnya pak her berarti saya mesti ngasih bapak buku donk.¬† alhamdulilah saya sudah mengalami bagaimana duduk di kursi Who Wants To Be a Sarjanae¬† aliaas pendadaran, dan saya dinyatakan lulus pada tanggal 14 mei yang lalu. setelah revisi draft segala macem, saya daftar wisuda pada tanggal 10 juni. dan tanggal 25nya saya lahir sebagai alumnus UNSOED. sekarang saya pengangguran pak…begini yarasanya, bingung. meskipun saya sedang giat menulis novel untuk sayembara novel remaja yang diadakan oleh Grasindo dan Ranesi. hadiahnya lumayan 15¬† jutaan. tapi, bukan itu tujuan saya, saya ingin sekali menguji sejauhmana kemampuan saya dalam menulis.

Salam,
Pertama, selamat ya dan saya ikut senang mendapat kabar ini. Kedua, saya belum tahu apakah di Mizan ada lowongan atau tidak. Saya juga tidak tahu Anda ingin pekerjaan seperti apa. Silakan saja mengirimkan lamaran dan menunjukkan keinginan Anda mau bekerja di bidang apa. Ketiga, jika ingin membuat karya buku ke Mizan (DAR Mizan), silakan pelajari buku-buku terbitan mereka, dan pilih buku yang bestseller. Jika Anda membuat
karya yang baik dan laku, tentu Mizan atau DAR Mizan akan menerimanya.
Selamat mencoba.

-Hernowo-

 

GW :pak her, masih inget saya, Indri als enno yang waktu itu sering merepotkan pak her…….dengan skripsi indianya??? wah betapa mungkin sering menjengkelkan dengan pertanyaan2 aneh¬† (setelah saya renungi sendiri). kesannya gak mudengan banget getu loh! heee. eh saya sudah cerita belum saya dah wisuda lamaaaa. berarti kita juga pisahnya dah lama ya pak??¬† Sekarang dah 2 tahun¬† lebih ya pak. tebak sekarang saya kerja dimana setelah 2 tahun menganggur? eh sebenernya pengin ngobrol banyak tapi terbatas waktu. maklum baru belajar jadi wartawan. saya lagi dikantor pak. lagi ngetik berita kriminal. sudah hampir 3 bulan ini saya di harian pagi radar banyumas. kapan-kapan saya sambung lagi pak. makasih.

Senang sekali, setelah dua tahun, mendpat sapaan
> Indri. Saya lebih senang lagi ketika tahu bahwa
> Indri
> akhirnya bekerja di “ruang” kata-kata. Silakan nanti
> klik http://www.mizan.com ya? saya sekarang juga
> diminta menjabar rangap menjadi pemred
> http://www.mizan.com.
> Situs itu baru saja di-luncurkan dan masih belum
> sempurna betul. Tapi, silakan dicicipi. Siapa tahu
> dapat menerbitkan inspirasi.
> Oh ya, soal pertanyaan2 yang dulu diajukan, itulah
> sesungguhnya tanda-tanda kehidupan. Manusia itu jika
> tak sering bertanya, sesungguhnya “mati”. Manusia
> itu
> hanya akan berkembang jika banyak bertanya.
> bayangkan
> jika bocah kecil itu nggak sering bertanya yang
> aneh-aneh? Apa dia bisa menjadi matang?
> Saya sendiri terus mengembangkan pertanyaan untuk
> diri
> sendiri. Ini namanya AMBAK.
> Sering-seringlah menyapa saya.
-Hernowo-
GW : pak tahun baru ini, apa yang menjadi perenungan bapak? meski hanya berganti hari, tentunya ada yang menjadi harapan dan cita-cita. sayapun demikian. bagi-bagi ke saya ya pak.

Matahari tetap saja panas. Malam gelap jika tak ada
lampu atau penerangan lain. Air juga tetap begitu:
cair. Dst. Tahun baru rasanya tak ada yang baru jika
kita hanya melihat benda-benda di sekeliling kita.
Oleh sebab itu, saya biasa mengandalkan pikiran saya
ketika tahun baru tiba. Hanya pikiran kitalah yang
bisa mengubah yang lama menjadi baru, yang tetap
menjadi berubah, dan yang membosankan menjadi menarik
serta menghadirkan hal-hal baru.
Setiap tahun baru tiba, saya mengevaluasi pikiran
saya. Saya membaca apa yang pikiran2 saya keluarkan.
Lantas, saya memperbaiki pikiran2 saya. Mau apa di
tahun baru nanti? Apa saja yang akan pikiran saya
kerjakan? Mau menciptakan apa? Mau memunculkan hal-hal
baru dalam bentuk apa?
-Hernowo-

(Kereeen kannnnn :))

 

GW : saya belum bisa manage waktu dengan baik. yang ada saya mersa tertekan. meski saya sangat cinta menulis. tapi setiap menulis saya merasa tidak bebas. memang ada banyak pakem yang mesti dipatuhi namanya juga jurnalistik.

Indri, saya menjalankan kegiatan menulis untuk menata diri saya. Saya mencintai menulis karena menulis memberikan banyak manfaatnya kepada saya. Saya senantiasa menggabungkan menulis dengan membaca. Ingatkan konsep saya bernama “mengikat makna”. Belajarlah kepada apa yang kamu lakukan saat ini. Perhatikan diri kamu. Kerja bisa di mana saja. Tapi,
diri kamu ya hanya satu-satunya yang kamu miliki sekarang. Jadi, kaitkan apa pun pekerjaaanmu dengan diri kamu. Benar, mungkin bekerja di tempat yang lebih baik akan membantu diri kita. Misalnya kamu bekerja di Mizan dan
dekat dengan saya. Namun, itu hanya angan-angan. Itu baru di pikiran kamu saja. Belum mewujud dalam bentuk yang real. Yang real, sekarang kamu bekerja di sebuah media. Kamu harus naik angkot dan ke pengadilan untuk
mendengarkan sidang kriminal. Itulah dunia nyata kamu. Cintailah dirimu yang ada di dunia itu. Perhatikan dirimu. Kembangkan dirimu. Kaitkan dirimu dengan lingkunganmu itu. Insya Allah, kamu akan memetik banyak hal dari situ. Coba gunakan kegiatan menulis untuk menata dirimu.
Salam,
-Hernowo-

 

GW : pak her……
saya sudah lama sekali tidak membeli dan membaca buku. diganti dengan terlalu banyak membaca koran lain sebagai perbandingan. selain belum  sempat  beli, saya belum gajian euy. punya referensi buku-buku bagus pak? buku yang terakhir saya baca novel, ketika cinta bertasbih

Sebenarnya baca apa saja, termasuk koran, nggak apa-apa. Kenapa? Ya asal setelah membaca, kemudian maknanya diikat. Pasti akan bermanfaat. Banyak buku bagus. Di antaranya, jika belum baca, bacalah segera Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Buku ini dahsyat!
-Hernowo-

 

GW : pak her…. hari raya kurban tahun ini nyembelih apa pak? sapi, onta, kerbau????

saya nyembelih sifat-sifat buruk saya lewat
perantaraan kambing. idul adha memang hari istimewa.
ia melebihi hari-hari besar lain. ia milik nabi
monoteesme Ibrahim r.a. yang benar-benar memberikan
teladan kepada kita bahwa hidup itu perlu pengurbanan.
hanya Muhammad Rasulullah saw. yang mampu mewarisi
pengurbanan Ibrahim. oleh sebab itu, Rasulullah, pada
intinya, memang, diutus hanya untuk “menyempurnakan
akhlak” manusia. dan itu mustahil terlaksana atau
terwujud tanpa keikhlasan berkurban–menyembelih
akhlak buruk kita.

-Hernowo-

 

GW : Pak her syarat-syarat biar tulisan kita bisa jadi buku  gimana ya pak? dan cari penerbitnya gimana, skripsi saya banyak yang nyaranin biar dibuat buku, tapi saya takut. soalnya kan agak SARA gitu. yah kali  nanti menyinggung agama tertentu.

buku bisa diterbitkan asal benar-benar memberikan manfaat kepada para pembacanya. ini yang harus dirumuskan lebih dulu secara jernih. jika buku itu
memang memberikan manfaat (misalnya membuat pembaca tercerahkan, mendapatkan hal baru, dll.) yang pasti bisa diterbitkan. syarat yang lain, yang juga sangat penting, adalah laku tidak jika dijual. ini tentu jika buku itu mau
diterbitkan secara komersial. jika ada dana atau dukungan pihak lain ya ini tak jadi soal. saya kira itu syaratnya.

-Hernowo-

Sebenernya masih ada beberapa percakapan lagi. Tapi beberapa percakapan di atas, sudahcukup menggambarkan, bahwa pak Hernowo tak hanya menjawab tapi memberi “sesuatu”. Kadang kita nggak perlu solusi yang muluk, sekedar didengarkan saja sudah senang. Apalagi diberi pencerahan wah itu lebih senang.

Secara tulus aku betul-betul mendoakan beliau yang telah berperan penting dalam proses pembelajaran menulis skripsi hingga saat ini. Kuncinya memang mengikat makna. Bagaimana kata dan kalimat yang berpanjang2 bisa ditebas maknanya hanya sejengkal kuku. bagaimana kata itu akhirnya tertangkap dan meresap ke dalam itu yang lebih penting. dari pada bersayap2 tanpa guna..

aku menyayangi beliau sebagai sahabat dan teman diskusi, apapun posisiku yang berada di tengah2 ribuan orang yang menyayanginya juga.

Kalau mau kenalan dengan beliau bisa kirim email ke :
hernowo hasim <hernowo_mizan@yahoo.com>

atau add saja facebooknya di http://www.facebook.com/hernowo.mizan

 

Semoga menginspirasi ^^